Skip to main content

Berternak Ikan Hias Rainbow Bosmani Atau Melanotaenia Boesemani


Rainbow bosmani memiliki bentuk tubuh pipih dan sirip punggung ganda. Tubuh bagian depan berwama biru sampai hitam dan bagian belakang berwama kuning sampai jingga, serta memiliki 2-3 garis vertikal berwama gelap. Panjang ikan dewasa mencapai 7-9 cm.

Induk jantan memiliki tubuh lebih besar dan wamanya lebih tajam dibandingkan dengan induk betina. Induk betina yang matang gonad dengan ciri perut tampak membulat. Umur untuk induk sekitar 6-7 bulan dengan panjang tubuh sekitar 5 cm.

Mempersiapkan Pemijahan

Wadah untuk pemijahan dapat berupa akuarium berukuran 1 x 0,5 x 0,4 m atau 0,8 x 0,4 x 0,4 m. Bisa pula bak tembok berukuran 1 x 2 x 0,5 m. Air harus steril dan jernih dengan pH 6-7, serta suhu 24-26 °C. Substrat berupa tanaman air (eceng gondok) atau tali rafia.

Proses Pemijahan

Pemijahan berlangsung pada malam hari atau menjelang pagi hari. Pemijahan diawali dengan induk jantan memojokkan induk betina ke substrat. Percumbuan berlangsung sekitar satu hari. Setelah memijah, induk diangkat dan dipindahkan ke wadah induk.

Merawat Telur, Larva, dan Anak Ikan
  1. Telur akan menetas setelah 5 hari keluar dari induk betina. Induk jantan dari jenis rainbow tidak akan memakan telumya. Agar telur terhindar dari jamur, air di dalam wadah penetasan diberi larutan MGO.
  2. Selama 3 hari sejak menetas, larva tidak perlu diberi makan karena masih bertahan hidup dengan egg yolk.
  3. Pakan berupa infusoria dapat diberikan setelah 4-5 hari sejak menetas.
  4. Pemeliharaan berlangsung hingga 25-30 hari.
  5. Setelah 30 hari, ikan dapat dijual atau dibesarkan lagi hingga 2 bulan. Pembesaran ini dapat dilakukan di dalam akuarium atau bak tembok.