Skip to main content

Budidaya Ikan Hias Severum Atau Heros Severus


Severum memiliki warna tubuh yang cukup bervariasi, dari cokelat kekuningan, kuning, loreng hitam di perut, hingga albino. Ikan ini memiliki genus yang sama dengan ikan yang disebut dengan "ikan pembawa hoki" atau lou han (Gehlasoma sp.). Saat ini, lou han tengah booming di kalangan hobiis dan pecinta ikan hias. Cara budi daya severum pada dasarnya sama dengan lou han.

Induk dipilih dari ikan yang telah berumur 10-12 bulan dengan panjang 10-15 cm. Ikan jantan memiliki postur tubuh besar dengan warna lebih menonjol dibandingkan dengan betina, sedang-kan betina berwarna pucat dan tubuhnya pendek.

Mempersiapkan Pemijahan

Wadah pemijahan bisa berupa akuarium atau bak tembok. Namun, lebih baik jika menggunakan bak tembok. Akuarium biasanya berukuran 60 x 50 x 40 cm dan bak tembok 100 x 100 x 50 cm. Air harus jernih dan steril dengan suhu 22 26 °C, serta pH 5,5 6,5. Substrat berupa pipa PVC atau keramik lantai.

Proses Pemijahan

Pemijahan berlangsung secara berpasangan. Sama halnya dengan diskus, si jantan akan membersihkan substrat dan setelah yakin aman, bersih, dan tenang, pemijahan akan berlangsung. Merawat Telur dan Larva Telur yang telah dikeluarkan sebaiknya dipisahkan dari induknya dan harus dihindarkan dari jamur dengan melarutkan MGO dan MB ke dalam air.

Induk segera diangkat setelah pemijahan selesai atau telur yang dipindahkan ke wadah lain. Jadi, telur menetas tanpa adanya induk. Selanjutnya, telur yang menetas dengan telur yang tidak menetas dipisahkan. Larva diberi pakan berupa irtfusoria setelah berumur 3 hari.

Setelah 5-7 hari, pakan berupa kutu air, seperti moina dan daphnia atau cacing rambut bisa diberikan. Agar tidak saling berdesak-desakan, penjarangan harus dilakukan setelah larva berumur 20-30 hari.

Merawat Anak Ikan

Anak ikan yang telah berumur 30 hari dipindahkan ke akuarium yang lebih luas (misalnya 100 x 50 x 50 cm). Pada minggu pertama air cukup setinggi 30 cm. Baru pada minggu-minggu berikutnya setinggi 40 cm. Pemeliharaan seperti ini berlangsung hingga 60 hari. Cacing rambut diberikan setiap 2 hari sekali.